Perhitungan Tanah Volumetri & Gravimetri



VOLUMETRI DAN GRAVIMETRI



1.1  PENDAHULUAN

2.1.1 Latar Belakang

Dalam bidang teknik sipil, untuk membangun suatu struktur bangunan, baik gedung, prasarana transportasi, ataupun bangunan air, diperlukan perencanaan sebelum melaksanakan pembangunannya. Salah satu dari proses tersebut adalah dengan melakukan pengujian terhadap tanah yang akan dibangun suatu struktur diatasnya, sehingga kita bisa mengetahui bagaimana keadaan tanah. Hal ini juga akan sangat membantu dalam proses perhitungan struktur.
Untuk mengetahui sifat-sifat tanah, dapat dilihat dari parameter tanah yang bersangkutan. Parameter tersebut misalnya berat volume (g), specific gravity (Gs), kadar air (wc) dan lain-lain. Parameter tersebut dapat ditentukan secara langsung di laboratorium atau melalui analisa hitungan.

2.1.2 Tujuan

Tujuan dilaksankannya praktikum ini adalah untuk menentukan berat volume tanah, kadar air tanah, dan specific grafity.

2.1.3 Manfaat

Pada setiap pembuatan laporan, tentunya memiliki manfaat untuk mahasiswa yang melakukan praktikum pengukuran tersebut. Manfaat itu diantaranya :
a.    Mahasiswa dapat mencari suatu hasil dari percobaan yang telah dilakukan , baik dari segi berat volume tanah hingga kadar air yang terkandung di dalamnya.
Mahasiswa dapat memahami lebih dalam materi yang didapatkan melalui praktikum yang telah dilakukan. 



FILE LENGKAP DOWNLOAD  


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Perhitungan Tanah Volumetri & Gravimetri"

Posting Komentar